Saat Semua Jalan Sudah Dicoba

Pagi ini saya menghabiskan waktu dua kali lipat lebih lama dari biasanya, dalam perjalanan mengantar anak-anak ke sekolahnya masing-masing. Ada contrainer terbalik dengan posisi melintang di tengah jalan, begitu info yang saya terima.

Segera saya mencari alternatif rute, agar anak-anak tidak terlambat sampai sekolah, terutama si Sulung yang pintu pagar sekolah ditutup tepat pukul tujuh. Di saat yang sama, saya minta si Sulung untuk menyampaikan pesan pada wali kelasnya, bahwa ia akan sampai sekolah sangat terlambat.

Alternatif rute pertama tidak dapat saya lalui, karena polisi mengalihkan arah lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Oke, kita beralih ke alternatif rute kedua. Phew, jalur itu terlihat lebih semrawut. Saya memutuskan mencari alternatif ketiga. Ternyata, hasilnya pun sama saja. Kemacetan terjadi di mana-mana, karena imbas container melintang di tengah jalan. Ya sudahlah, mari kita jalani saja kesibukan lalu lintas yang luar biasa padat pagi ini. Ada sedikit berita baik. Si Sulung sedikit bernapas lega, begitu membaca pesan bahwa gerbang sekolah tetap dibuka karena kecelakaan yang terjadi ini.

Kemacetan lalu lintas pagi ini, membuat pikiran saya lantas mengembara. Ini rupanya pelajaran hidup yang Ia berikan pagi ini.

Kita tidak dapat memilih peristiwa yang datang dalam hidup dan kehidupannya. Namun, kita memiliki pilihan bagaimana menghadapi peristiwa tersebut. Berapa banyak usaha yang bersedia kita lakukan. Seberapa keras niat yang terpatri di hati untuk mencapai sebuah tujuan.

Saat semua usaha rasanya sudah dilakukan, dan hasil yang diterima belum juga membaik. Balik badan dan berhenti adalah salah satu pilihan yang menggiurkan. Di sisi lain, opsi untuk terus berusaha memberikan yang terbaik, dan memasrahkan hasil hanya pada-Nya.

Karena sesuai dengan janji-Nya, “Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.” (QS. Ar Ra’d 13: 11)

Tulisan lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *