Hijrah, Sebuah Proses Bukan Tujuan Perjalanan

Hijrah itu bukanlah proses perubahan seperti membalik telapak tangan. Hijrah adalah sebuah proses perjalanan menuju perubahan. Menjadi semakin baik setiap, menjadi lebih baik dari kemarin.

Hijrah bukan berarti langsung melakukan perubahan drastis. Bukan berarti dari pahitnya kopi, menjadi manisnya gula. Bukan juga mengganti merah jadi hijau, atau hitam menjadi putih. Melainkan proses mengenali semua warna dan berpadu di dalamnya menjadi lebih baik. Hijrah bukan berarti proses mengganti jati diri, melainkan menemukan jati diri, menuju lebih dekat kepada Ilah.

Hijrah adalah sebuah perjalanan menuju keadaan yang lebih baik. Apapun bentuk kebaikan itu, dinilai dari kacamata manapun. Hijrah bisa juga proses menerima kondisi diri. Mensyukuri semua nikmat yang disuka ataupun tidak, yang hadir dalam hidup dan kehidupan, sebagai bagian dari diri. Menerima kondisi diri, bukan hanya saat mendapat puja-puji, melainkan saat terpuruk dalam jurang terdalam. Menyadari keadaan saat ini adalah hasil dari tindakan dan keputusan masa lalu.

Hijrah berarti menyadari, masa lalu telah membawa diri pada posisi hari ini. Ke mana kaki akan melangkah esok, tidak ditentukan oleh masa lalu, melainkan oleh keputusan yang dibuat saat ini. Masa lalu tidak akan memutuskan bentuk masa depan yang akan kita hadapi, hanya jika kita belajar dari berbagai peristiwa yang telah kita alami.

Masa lalu hanyalah rangkaian kejadian dan keputusan yang telah diambil dan dijalani. Masa depan pun demikian, rangkaian kejadian, peristiwa , dan keputusan. Yang membedakan keduanya adalah yang pertama telah terjadi, yang terakhir baru akan terjadi.

Hijrah berarti berusaha memperbaiki masa depan melalui serangkaian keputusan bijak yang didasari atas pelajaran, bukan ketakutan masa lalu. Ketakutan hanya akan membuat kita diam di tempat. Sementara untuk dapat hijrah, kita perlu memetik hikmah dari setiap kejadian yang telah berlalu, dan menggunakannya untuk mengambil keputusan saat.

Tulisan lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *