Menemanimu Bermain Hujan

“Yeay, hujan!” begitu pekikmu saat rintik air satu per satu membasahi rumput. Aku hanya tersenyum, karena sudah mahfum dengan arah percakapan ini.
“Aku main hujan ya, Bunda. Please.” Kamu dengan binar mata yang tak pernah lalai membuat hatiku tersenyum.
“Kita tunggu sepuluh menit lagi, kalau makin deras, boleh.”
“Yeay!”

Siapa yang tidak suka bermain hujan?
Aku suka, tapi sejak kecil selalu mendapat doktrin, “Jangan main hujan, nanti sakit.”
Akhirnya, aku selalu sembunyi-sembunyi mencari hujan. Berlari senang saat mendapati rintik air mengenai wajahku. Membentang tangan saat derasnya hujan memeluk tubuhku. Tertunduk ketakutan saat pulang ke rumah, bersiap menghadapi omelan panjang lebar.

Pengalaman menyenangkan inilah yang ingin kubagi bersama anak-anak. Menikmati kebahagiaan sederhana dengan bermain hujan.
Banyak yang mempertanyakan keputusan kami ini. Bahkan tidak sedikit yang protes secara terus terang. Kami hanya tersenyum saja, kadang jika masih punya tenaga untuk menjelaskan kami bertanya, “Dulu waktu kecil mau main hujan?”
Biasanya jawaban yang seringkali kami terima, “Mau, tapi tidak boleh nanti sakit.”
Jika masih berselera melanjutkan percakapan ini, kami akan bertanya, “Suka main hujan?”
“Suka banget, biasanya harus ngumpet-ngumpet, dan ujungnya kena marah.”

Kami pun dulu mengalami hal yang sama, hujan dan doktrinasi sakitnya. Kami tidak ingin buah hati kami mengalami hal yang sama. Saat kondisi fisiknya oke, hujan deras turun tanpa petir dan guntur yang bersahutan, kami mengizinkan anak-anak bergembira, menari dalam hujan. Kadang aku menemani sambil menggunakan payung, kadang suamiku ikut bermain bersama mereka, kadang mereka bermain sendiri.
Yang menyenangkan setelah bermain hujan adalah mandi air hangat dan minum susu coklat hangat.

Pengalaman menyenangkan yang dengan sengaja diciptakan untuk buah cinta kami. Agar pengalaman ini tetap menjaga kehangatan hati mereka, bahkan bertahun-tahun mendatang, saat kami tidak lagi di dekat mereka.

Tulisan lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *